Monday, July 18, 2011

Cara mengganti motherboard di Windows XP tanpa install ulang dengan hardisk yang sama

hal ini menurut saya hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan, tetapi jika kita ada kemauan semuanya pasti bisa..

Bagi para pembaca InfoTeknologi pasti pernah mengalami kejadian ketika anda membeli komponen baru komputer, baik untuk upgrade ataupun mengganti device yang rusak.
Kalau anda hanya mengganti grafik card, network card atau sound card pasti tidak akan menemui masalah; setelah anda booting ulang windows XP akan men-detect hardware baru lalu cukup masukkan cd driver maka proses installasi selesai.

Tapi masalah besar akan terjadi apabila komponen yang anda upgrade / ganti adalah motherboard ataupun prosessor dengan tipe yang berbeda, dijamin 99,99 % Windows XP anda akan berwarna biru (Blue Screen of Death) seperti botol minum Mizo** :)


Windows XP menyimpan informasi hardware komputer kita pada registry, jadi yang cukup anda lakukan ialah dengan merestart registry hardware anda ke kondisi awal saat anda

berikut ini penjelesan mengenai cara mengganti motherboard di Windows XP tanpa install ulang OS


  • Masukkan CD Windows XP, Restart komputer, masuk ke Bios lalu buat supaya komputer anda booting melalui CD.
  • Ketika Layar “Welcome to Setup” Muncul, klik tombol R keyboard untuk memulai Recovery Console
  • Akan diminta memasukkan Administrator password, masukkan bila ada, namun bila anda tidak menset password tekan Enter saja.




  • Di command prompt Recovery Console ketik baris berikut (setiap baris tekan enter)

md tmp
copy c:\windows\system32\config\system c:\windows\tmp\system.bak
delete c:\windows\system32\config\system
copy c:\windows\repair\system c:\windows\system32\config\system

  • Ketik Exit untuk keluar dari Recovery Console komputer anda akan merestart.
  • Matikan komputer, ganti motherboard atau prosesor komputer anda dengan yang baru lalu nyalakan ulang komputer anda, Windows XP akan masuk tanpa menampilkan Blue Screen dan akan menginstall ulang driver hardware pada komputer anda. (Windows XP akan menginstall ulang semua driver hardware anda, bukan hanya driver motherboard / prosessor)

Anda bisa melakukan hal diatas tanpa menggunakan Windows Recovery console, yaitu dengan cara memindahkan harddisk ke komputer lain atau booting dengan OS lain (Windows 7 atau Linux) atau menggunakan Hiren Boot CD.
Yang perlu anda lakukan adalah mengcopy file ‘system‘ di folder c:\windows\repair\ lalu menimpanya di folder c:\windows\system32\config\system
Karena anda tidak bisa melakukan copy dan delete file system saat anda menggunakan Windows XP.

Note: Untuk Windows 7 anda tidak perlu melakukan hal diatas, karena Windows 7 akan secara otomatis menginstall ulang driver bila anda mengganti motherboard atau prosessor tanpa harus mengalami Blue Screen of Death.

0 comments:

Post a Comment